Pages

Site Info

Sabtu, 26 Februari 2011

WANITA MUSLIMAH DI JAMAN MODERN






Siapa si yg tak kenal dengan tokoh maya seperti Wonder Woman, CAT WOMEN, elastigirl istri siIncredible dan lainnya???  Pasti sudah pada tau kan…klw gtu kita kenalan dengan tokoh-tokoh lain yah yang pastinya lebih keren?? coba deh kita pelajari sejarah para sahabat perempuan di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam. Mereka bukan hanya pandai membaca Al Qur’an, dan ahli dlm fiqih wanita tapi jago pedang, berkuda dan memanah, dan tidak sedikit yang juga menjadi “dokter” yang pintar mengobati para sahabat yang terluka di medan perang. Bahkan, ada di antara mereka yang terpotong tangannya karena melindungi Rasulullah!
Pokoknya Subhanallah, keren abiiisss…
Kita buktikan Yah,,,
Nusaibah si Jago Pedang
Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam yang mulia berdiri di puncak bukit Uhud dan memandang musuh yang merangsek maju mengarah pada dirinya. Beliau memandang ke sebelah kanan dan tampak olehnya seorang perempuan mengayun-ayunkan pedangnya dengan gagah perkasa melindungi dirinya. Beliau memandang ke kiri dan sekali lagi beliau melihat wanita tersebut melakukan hal yang sama – menghadang bahaya demi melindungi sang pemimpin orang-orang beriman.
Kata Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam kemudian, “Tidaklah aku melihat ke kanan dan ke kiri pada pertempuran Uhud kecuali aku melihat Nusaibah binti Ka’ab berperang membelaku.”

The Black Rider
Siapa Ksatria Berkuda Hitam ini? Itulah Khaulah binti Azur. Dia seorang muslimah yang kuat jiwa dan raga. Sosok tubuhnya tinggi langsing dan tegap. Sejak kecil Khaulah suka dan pandai bermain pedang dan tombak, dan terus berlatih sampai tiba waktunya menggunakan keterampilannya itu untuk membela Islam bersama para mujahidah lainnya.
Diriwayatkan betapa dalam salah satu peperangan melawan pasukan kafir Romawi di bawah kepemimpinan Panglima Khalid bin Walid, tiba-tiba saja muncul seorang penunggang kuda berbalut pakaian serba hitam yang dengan tangkas memacu kudanya ke tengah-tengah medan pertempuran. Seperti singa lapar yang siap menerkam, sosok berkuda itu mengibas-ngibaskan pedangnya dan dalam waktu singkat menumbangkan tiga orang musuh.
Panglima Khalid bin Walid serta seluruh pasukannya tercengang melihat ketangkasan sosok berbaju hitam itu. Mereka bertanya-tanya siapakah pejuang tersebut yang tertutup rapat seluruh tubuhnya dan hanya terlihat kedua matanya saja itu. Semangat jihad pasukan Muslimin pun terbakar kembali begitu mengetahui bahwa the Black Rider, si penunggang kuda berbaju hitam itu adalah seorang wanita!
Pakar Pengobatan
Rubayyi bint Muawwidz ibn Afra adalah sahabat Rasulullah mengkarantina orang yang menderita sakit dan yang terluka serta menyuplai air pada para prajurit yang kehausan dalam perang. Bersama perempuan lainnya, ia juga mengangkut orang-orang yang terluka dan yang mati syahid dalam perang tersebut.
Jika Nabi dan para sahabat mempertahankan Islam pada saat itu, wanita-wanita mulia itulah yang justru memanggul mesin senjata, dan fasilitas perang lainnya. Seandainya sistem ambulans sudah benar-benar ada pada waktu itu, wanita di zaman sahabat sudah mampu mengobati cardio-pulmonary (penderita penyakit jantung) dan mampu mengangkut para pesakitan ke rumah-rumah sakit terdekat. Wanita Muslim tersebut sudah dilatih di sekolah medis untuk melindungi prajurit yang terluka. Wanita-wanita sahabat ini pula berada di front terdepan dalam mendesain teknologi Perang Bintang yang selanjutnya dapat memperkokoh pertahanan umat Islam dan dari penindasan terhadap masyarakat Arab.
Keren kan? Subhanallah yah, ternyata umat muslim juga memiliki jagoan wanita yang memang nyata adanya, semoga kita, para muslimah dapat mengambil teladan dari mereka, amiin.
Pertanyaannya sekarang, masih adakah wanita-wanita seperti mereka????? Yg rela menggadaikan nyawa hanya demi keyakinan???  yg menggunakan hampir seluruh waktunya hanya untuk kejayaan islam???  Yang tidak akan pernah rela perhiasannya dinikmati oleh setiap mata di luar sana???
tapi lihatlah sekarang hampir semua wanita baik mu’minah maupun muslimah jauh dari gambaran diatas bahkan sangat jarang yang tahu tentang sejarah mereka …

Sosok seorang Muslimah Cerdas
Siapa sosok muslimah cerdas itu? Apakah muslimah yg mempunyai IPK diatas normal yang mampu menyelesaikan berbagai soal yang diberikan , de el el nya atau mungkin Dia adalah sosok wanita yang mampu mengikuti trend masa kini dimana hedonis merajai dunia yang berkiblat pada Barat, liberalisasi disuguhkan dan dijamin oleh pemerintah, kesetaraan gender digaungkan di seluruh pelosok negeri dengan dalih peduli atas nasib kaum perempuan !!!!  atau Muslimah yang berusaha berjalan digaris yang telah digariskan oleh Sang Pencipta dengan memulai dari dirisendiri dan terus mengkaji serta menyebarkan Islam yang diyakininya  dan hanya menginginkan ridho dari  Sang khaliq Kita tinggal pilih….mudah bukan!!!
 Tp tentunya harus sesuai dengan standar syara’ sebab Islam sebagai  rahmat bagi semesta (tentunya saat diterapkan secara kaffah ) punya solusi atas segala pertanyaan ataupun masalah dalam hidup. So tunggu apalagi untuk belajar islam lebih banyak sebab hidup hanya titipan dari Sang Pemberi Nafas dan jiwa sudah selayaknya kita menggunakannya dengan baik dan menghargai setiap kesempatan tarikan nafas yang diberikan-Nya.
Subhanallah. Tak ada kemuliaan lain ketika Allah menyebutkan di dalam al-quran surat an-nisa ayat 34, bahwa wanita salehah adalah yang tunduk kepada Allah dan menaati suaminya, yang sangat menjaga di saat ia tak hadir sebagaimana yang diajarkan oleh Allah. Bahkan salah satu syair berbunyi :
Ia mutiara terindah dunia
Bunga terharum sepanjang masa
Ada cahaya di wajahnya
Betapa indah pesonanya
Bidadari bermata jeli pun cemburu padanya
Kelak, ia menjadi bidadari surga
Terindah dari yang ada
Sahabat seharusnya kitalah wanita itu, kitalah wanita yg akan membawa cahaya Islam kembali, yg akan meneriakkan Takbir ditelinga saudari2 kita yg lain……Wallahu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar